Contoh Puisi Tema Pendidikan

Contoh Puisi  Tema Pendidikan
Contoh Puisi  Tema Pendidikan. Seperti pada judul postingan diatas di bawah ini kami akan berbagi contoh puisi dengan tema pendidikan yang dapat anda jadikan sebagai bahan referensi . Contoh puisi yang kami berikan dibawah ini adalah contoh puisi terbaik yang kami dapatkan dari berbagai sumber seperti sosial media dan juga media internet yang telah kami pilihkan untuk anda pembaca setia blog ini selengkapnya silahkan simak baik baik dibawah ini:

lihat juga:

1.Penaku
Karya Lia Nur

Penaku
Setiap hari kugunakan dirimu
Kugoreskan tintamu
Kupinjamkan dirimu
Kadang kuhabiskan dirimu

Penaku
Kau kugunakan untuk mencurahkan isi hatiku
Kau kugunakan untuk mencurahkan ilmuku
Dan kugunakan dirimu untuk menceritakan kisahku

Penaku
Kau selalu kubawa
Kau selalu menemaniku
Tetapi aku tak pernah berterimakasih padamu
Aku tak pernah memperhatikanmu
Maafkan aku penaku
Tanpamu aku tak dapat mengisi hidupku

2.Apa kabar Pendidikan Negeriku

Sampai kini saya tidak tau
Apakah titel sarjana nan di bangga banggakan ayahku dulu
Dapat menyambung lambungku istriku dan anak-anaku
Tujuh belas tahun sudah segudang uang di lumbung keringat ayah bundaku
Kuhabiskan di meja pendidikan
Namun saya tetap tidak mampu memberi anak anaku sesuap nasi
Tujuh belas tahun sudah kuhabiskan waktuku diruang gerah sekolah dan kuliah
Namun tidak memberiku otak brilian dan ketrampilan nan sepadan
Aku hanya terampil menyontek garapan temanku
Aku hanya terampil membajak dan menjiplak karya negeri orang aku terampil
Mencuri ide ide bukannya mencipta apa kabar pendidikan negerilu
Adakah kini kau sudah berbenah
Sehingga anak cucuku akan dapat merasai sekolah nan indah
Dan masa depan nan cerah

3.Pemuda pemudi negeriku
Karya Yeni Hendra

Pemuda pemudi negeriku
Teruslah belajar demi kemajuan bangsamu
Gapailah cita citamu nan tinggi itu
Menjulang hingga langit ke tujuh

Pemuda pemudi negeriku
Tuntutlah cakrawala ilmu sampai keujung dunia
Karena engkau tidak akan pernah tau
Perang pemikiran yang akan terus melanda sewaktu waktu

Pemuda pemudi negeriku
Jangan menyerah dan putus asa dalam mewujudkan impianmu
Teruslah berusaha dan dongkrak semangatmu

Pemuda pemudi negeriku
Jangan berharap dengan yang lain
Karena yang rela berkorban itu hanya dapat dihitung dengan bilangan

Pemuda pemudi negeriku
Inilah saatnya bangkit dan berbuatlah
Jangan engkau terlena ataupun lengah

Pemuda pemudi negeriku
Nasib bangsa ini sekarang ada pada genggaman kalian
Ya kalian karena kalian adalah cahaya bangsa
Oleh sebabnya sinar kalian selalu dinanti
Untuk terus dapat menerangi negeri Indonesia ini

4.Guru
Sinar pagi membelah bumi
Sang pengabdi berjalan menenteng lembaaran ilmu
Bersamanya ada lautan pengetahuan
Yang akan tersiram kepada pencari wawasan

Guru
Dalam lenguh segala perihmu
Engkau tetap tersenyum menahan pilu
Dalam perih segala sakitmu
Kau berjalan menuntun kami menjadi generasi berilmu

Di pundak kami
Ada harapan ayah dan ibu
Ada cita cita menggapai indah masa depan
Dan engkau wahai Guru
Mengangkat pundak kami
Dan meyakinkan kepada kami
Kalian pasti bisa

5.Buku
Karya Susika arum

Kau tempatkan menabur ilmu
Kau jendela di hidupku
Kau tempatku goreskan jutaan pena
Namun terkadang orang mengabaikannya
Kau tertumpuk deraian debu

Buku
Kau tempatku berbagi rasa
Meski engkau hanya diam membisu
Lembaran demi lembaran yang terisi
Tertancap keindahan ilmu menawan
Terselip kata demi kata
Yang mengisi hari harimu

Buku
Kau tempatku goreskan pena
Goresan pena kini tertancap di badanmu
Jutaan kata kini terlukis di badanmu
Kau tempatku lukiskan keindahan
Kau tempatku berbagi kesakitan

Buku
Kau yang mengajariku arti kehidupan
Tiada pantas hidup ini kulewati
Tanpa engkau disisiku
Kau guru yang hanya bisa diam membisu
Namun kau memberiku jutaan ilmu yang tersimpan di setiap lembaran

6.Guruku
Karya KH Mustofa Bisri

Ketika aku kecil dan menjadi muridnya
Dialah dimataku orang terbesar dan terpintar
Ketika aku besar dan menjadi pintar
Kulihat dia begitu kecil dan lugu
Aku menghargainya dulu
Karena tak tau harga Guru
Ataukah kini aku tak tahu
Menghargai guru?

7.Cita citaku

Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

Aku akan berusaha mencapai cita cita
Takan lelah ku mencari ilmu
Takan ku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita citaku


Contoh Puisi  Tema Pendidikan. Itulah  beberapa contoh puisi pendidikan yang dapat kami bagikan, semoga contoh puisi diatas dapat menjadi inspirasi dan referensi bagi anda yang saat ini sedang mencari contoh puisi dengan tema  pendidikan semoga apa yang kami bagikan ini dapat menjadi manfaat untuk semuanya sampai jumpa kembali.